Blogger Backgrounds

Pages

Sabtu, 17 Desember 2011

Komputer Membantu Kerja Manusia

    Pada era globalisasi seperti sekarang ini kemajuan teknologi sangat berkembang pesat dan membantu manusia untuk berinteraksi satu sama lain tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Kemudahan yang diberikan oleh teknologi tersebut mencakup banyak hal serta merambah berbagai aspek kehidupan, mulai dari bisnis hingga pendidikan. Pada prinsipnya teknologi ini berkembang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia agar dalam kehidupannya dapat lebih mudah berkomunikasi ataupun melakukan sesuatu. Sebagai contoh adalah computer.

     Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Komputer juga saat ini digunakan untuk berbagai aplikasi khusus yang dibangun untuk keperluan analisa data perusahaan, penelitian, produksi dan masih banyak kegunaan lain yang mungkin sangat sulit bagi kita untuk menyebutkan satu persatu. Kemungkinan pengembangannya bisa dikatakan hampir tak terbatas.

     Komputer sebagai alat pendukug untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :
  1. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
  2. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
  3. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
  4. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.
Hal di atas tersebut merupakan sedikit dari sekian banyak bantuan yang dapat diberikan komputer kepada manusia. Dan bantuan tersebut masih bersifat sederhana. Komputer juga dapat membantu manusia dalam berbagai bidang seperti :

1.      BIDANG KESEHATAN
Sebagai contoh, para dokter saat ini juga sudah diperlengkapi dengan alat- alat yang telah terkomputerisasi, dimana peningkatan kualitas komputerisasi semakin jelas terlihat. Dan tidak dapat dipungkiri, saat ini alat – alat komputer sangat membantu efektivitas kerja tidak hanya kaum profesional, pekerja jobdesk, tetapi juga seorang dokter.

Berbagai inovasi dan perkembangan ilmu pengetahuan mengenai teknologi talah banyak ditemukan dalam dunia kedokteran. Segala alat – alat yang bekerja berdasarkan protokol komputer dari alat kecil hingga alat besar dan kompleks telah menghiasi perkembangan dunia kedokteran. Secara khusus, salah dua contoh produk dalam dunia kedokteran itu adalah kursi roda dan prosthetic limb (penahan tulang kaki).

2.      BIDANG PENDIDIKAN

Saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan proyektor sebagai fasilitas mengajar dikelas. Yang dimana guru yang mengajar tidak lagi banyak menggunakan papan tulis dan kapur/spidol dalam menerangkan suatu pelajaran. Para guru hanya menampilkan slide bahan ajarnya dan menerangkan isi slide tersebut.

Hal ini ternyata sangat membantu para guru, sebab siswa pun dapat lebih semangat mendengarkan penjelasan. Hal ini terjadi karena para siswa yang telah jemu dengan hasil tampilan di papan tulis kini di suguhi tampilan baru yang lebih menarik dan lebih berwarna.

Tidak hanya dari penggunaan proyektor saja yang dapat membantu bidang pendidikan. Seperti hadirnya kamus elektronik. Yang dimana para siswa tidak perlu membawa kamus yang begitu besar dan berat lagi ke sekolah atau kemana mereka hendak pergi. Kini telah ada kamus elektronik yang ukuran nya jauh lebih kecil dari buku kamus dan di dalamnya terdapat vocabulary yang sangat banyak. Dan tidak hanya itu saja, dari kamus elektronik ini juga memiliki kemampuan untuk melafalkan pembacaan dari kata-kata bahasa inggris tersebut. Sehingga selain dapat mempelajari vocabulary nya siswa juga dapat mempelajari pelafalannya.

            3.      BIDANG TRANSPORTASI
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

            4. BIDANG JASA DAN PENGIRIMAN

Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

             5. BIDANG INDUSTRI DAN OTOMOTIF

Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

            6. BIDANG JASA KONSTRUKSI

Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

            7. BIDANG JASA PERCETAKAN

Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

            8. BIDANG INDUSTRI PERFILMAN

Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

            9. BIDANG INDUSTRI REKAMAN

Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

            10. BIDANG PERTAHANAN DAN KEAMANAN

Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

            11. BIDANG OLAHRAGA

Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

           12. PABRIK SEPATU

Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar